Melaksanakan Ibadah Puasa

Melaksanakan Ibadah Puasa

Aslamkum sobat bangsatriamandala . . . . :)
Pada Puasa kan ( Muslim ) Alhamdulilah , , , ,


Bangsatriamandala mau share nih, Tentang Apa Itu Melaksanakan Ibadah Puasa :)

Ok Deh Sobat Langsung Aja yah , , ,


Ibadah Puasa yaitu salah satu ibadah yang termasuk dalam rukun islam, artinya ibadah puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim , ,  termasuk bangsatriamandala, , ,
kenapa ibadah puasa ini diwajibkan oleh allah untuk melengkapi rukun islam ??

Pada awalnya seluruh umat muslim harus membuat pengakuan dan kesaksian atas keyakinannya kepada allah SWT.
" Ashadualaila Hailawlah, wa'ashaduannamuhammadarrosululah "
Artinya : Aku Bersaksi Tiada Tuhan Selain Allah, Dan Aku Bersaksi Bahwa Muhamad Adalah Utusan Allah

Setelah Melakukan pengakuan tersebut Seluruh Umat Muslim Harus Membuktikan Keyakinannya Dengan cara Bersembahyang, nah di dalam do'a dan ayat ayat yang kita baca dalam sembahyang memiliki berbagai macam makna dan arti, :) lain kali bangsatriamandala bahasnya ya :)

Selanjutnya Ibadah Puasa jatuh Pada Rukun Islam Yang Ke Tiga, Yaitu Setelah Sembayang / Sholat.

Nah Maksud Dari Ibadah Puasa Adalah Kita Tidak diperbolehkan Untuk makan disiang hari selama satu bulan penuh atau 30 hari, Walaupun kita lapar dan makanan ada didepan mata kita sahabat bangsatriamandala tidak boleh memakannya :P

Itu Semua bukan tanpa maksud loh sobat bangsatriamandala, Ini Semua Karena Allah Ingin Mendidik kita semua untuk Hidup susah, menahan keinginan pada sesuatu sekalipun ada didepan mata kita, nah sebagian orang yang tidak mengerti akan menganggap bahwa ibadah puasa adalah suatu penyiksaan dan menjadi beban , , , ,

Oke deh sobat bangsatriamandala, intinya ibadah puasa adalah menahan rasa lapar dan haus hingga menjelang terbenamnya matahari ( Mahrib ) dan akan Berakhir pada Saat berkumandanganya Gema Takbir :)

Semoga Bermanfaat ya sobat bangsatriamandala , , , , :)

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa . . . .

Wassalammualaikum , , , , ,

Baca Selengkapnya
Adab Puasa Ramadhan

Adab Puasa Ramadhan

Adab Puasa pada Bulan Ramadhan , , ,
Dari Berbagai Dalil, Hadist Dan Ayat yang bangsatriamandala baca bangsatriamandala menyimpulkan pada puasa ramadhan kita sebagai pelaksana perlu melakukan adab - adab sebagai berikut ini :

Yang Pertama Adalah Berbuka Apabila Sudah masuk waktu maghrib, Dan Disegerakan sebelum melaksanakan shalat maghrib dengan makan dengan makanan yang ringan dahulu sepeti, air saja, atau kurma setelah itu baru melaksanakan shalat, tetapi apabila makan malam sudah disiapkan boleh dimakan dahulu  , , ,

Yang Kedua makan Sahur , , ,
Makan Sahur ini Paling Telat atau paling lambat dilakukan sampai akhir malam atau mendekati subuh, Tetapi apabila pada setengah makan /minum sahur lalu mendengar suara adzan subuh maka sahur boleh dilanjutkan hingga selesai tidak perlu dihentikan ditengah sahur karena sudah masuk waktu shubuh Imsak tidak ada sunahnya dan tidak pernah diamalkan pada zaman sahabat maupun tabi'in , , ,

Yang Ketiga banyak - Banyaklah Bersifat Lebih dermawan yaitu banyak memberi, banyak bershodaqoh dan banyak menolong serta banyak membaca al-Quran , , , ,

yang Keempat Menegakkan Shalat Malam / Shalat Terawih dengan berjama'ah Dan Shalat Terawih ini lebih digiatkan lagi pada sepuluh malam terakhir hingga akhir ramadhan , , ,

Yang Kelima Berusahalah Menepati Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir, terutama pada malam-malam ganjil. , , ,

Yang Keenam Berusahalah Mengerjakan i'tikaf pada sepuluh malam terakhir , , ,

Yang Ketujuh Menjauhi Perkataan Dan perbuatan Keji dan menjauhi pertengkaran , , ,

Nah Sobat bangsatriamandala, itulah Adab Puasa Pada Bulan Ramadhan , , ,
Semoga Bermanfaat , , ,

Baca Selengkapnya
Hal Yang Boleh Dikerjakan Waktu Berpuasa

Hal Yang Boleh Dikerjakan Waktu Berpuasa


Hadits-hadits tersebut di atas memberi pelajaran kepada kita bahwa hal-hal tersebut di bawah ini bila diamalkan tidak membatalkan puasa :
  1. Menyiram air ke atas kepala pada siang hari karena haus ataupun udara panas, demikian pula menyelam kedalam air pada siang hari.
  2. Menta'khirkan mandi junub setelah adzan Shubuh. (dalil : 1 )
  3. Berbekam pada siang hari. ( dalil : 3 )
  4. Mencium, menggauli, mencumbu istri tetapi tidak sampai bersetubuh di siang hari.( dalil 4 dan 5 )
  5. Beristinsyak ( menghirup air kedalam hidung )terutama bila akan berwudhu, asal tidak dikuatkan menghirupnya. ( dalil : 6 )
  6. Disuntik di siang hari.
  7. Mencicipi makanan asal tidak ditelan.(dalil :7)
Baca Selengkapnya
Hal Yang Membatalkan Puasa

Hal Yang Membatalkan Puasa



KESIMPULAN
Ayat dan hadits-hadits tersebut di atas menerangkan kepada kita bahwa hal-hal yang dapat membatalkan puasa ( Ramadhan ) ialah sbb :
  • Sengaja makan dan minum di siang hari. Bila terlupa makan dan minum di siang hari, maka tidak membatalkan puasa. ( dalil : 2 )
  • Sengaja membikin muntah, bila muntah dengan tidak disengajakan, maka tidak membatalkan puasa. ( dalil :3 )
  • Pada siang hari terdetik niat untuk berbuka. (dalil : 5 dan 6 )
  • Dengan sengaja menyetubuhi istri di siang hari Ramadhan, ini disamping puasanya batal ia terkena hukum yang berupa : memerdekakan seorang hamba, bila tidak mampu maka puasa dua bulan berturut-turut, dan bila tidak mampu, maka memberi makan enam puluh orang miskin.( dalil : 7 )
  • Datang bulan di siang hari Ramadhan ( sebelum waktu masuk Maghrib ).( dalil : 4 )
Baca Selengkapnya
Yang Diberi Kelonggaran Tidak Berpuasa

Yang Diberi Kelonggaran Tidak Berpuasa



KESIMPULAN: Pelajaran yang dapat diambil dari keterangan di atas adalah : Orang Mu'min yang diberi kelonggaran diperbolehkan untuk tidak puasa  Ramadhan, tetapi wajib mengqadha di bulan lain, mereka itu ialah :
  1. Orang sakit yang masih ada harapan sembuh.
  2. Orang yang bepergian ( Musafir ). Musafir yang merasa kuat boleh meneruskan puasa dalam safarnya, tetapi yang merasa lemah dan berat lebih baik berbuka, dan makruh memaksakan diri untuk puasa.

Orang Mu'min yang diberi kelonggaran diperbolehkan untuk tidak mengerjakan puasa dan tidak wajib mengqadha, tetapi wajib fidyah (memberi makan sehari seorang miskin). Mereka adalah orang yang tidak  lagi mampu mengerjakan puasa karena:
  1. Umurnya sangat tua dan lemah.
  2. Wanita yang menyusui dan khawatir akan kesehatan anaknya.
  3. Karena mengandung dan khawatir akan kesehatan dirinya.
  4. Sakit menahun yang tidak ada harapan sembuh.
  5. Orang yang sehari-hari kerjanya berat yang tidak mungkin mampu dikerjakan sambil puasa, dan tidak mendapat pekerjaan lain yang ringan. ( dalil 2,7,8 dan 9).
Baca Selengkapnya
Rukun Puasa

Rukun Puasa

Rukun Puasa Itu Apa Saja ya ???
bangsatriamandala Share deh  , ,

1. Berniat Sejak Malam hari , , ,
2. Saum / Sahur , , ,
3. Bersedekah
4. Tidak Malakukan Perbuatan Tercela
5. Menahan Makan, Minum Dan Jima hingga Terbenamnya Matahari , , ,

Semoga bermanfaat ya , , , ,
Baca Selengkapnya
Cara Menetapkan Awal Dan Akhir Bulan Puasa

Cara Menetapkan Awal Dan Akhir Bulan Puasa

Udah Mulai Puasa Bebum yah sobat bangsatriamandala . . . :)
Bingung kapan puasa dan kapan selesainya , , , ,
Ini ada metodenya , , ,

Menetapkan awal dan akhir bulan ramadahan dengan cara melihat ru'yah, Walaupun bersumber dari orang lain yang penting dapat dipercaya :)

Dengan melihat bulan, Jika bulan sabit ( Hilal ) tidak dapat terlihat karena tertutup awan, misalnya pada bilangan sya'ban digenapkan menjadi 30 hari.

Pada dasarnya ru'yah yang dilihat oleh penduduk di suatu negara, berlaku untuk seluruh dunia. Hal ini akan berlaku jika Khilafah ' Ala Minhaajinnabiy sudah Ditegakkan , , ,

Selama khilafah belum tegak, untuk menghindarkan meluasnya perbedaan pendapat ummat Islam tentang hal ini, sebaiknya ummat Islam mengikuti ru'yah yag nampak di negeri masing-masing
Ini Hanya Pendapat para Ulama Ya , , , :) 


Semoga bermanfaat ya , , ,
Baca Selengkapnya
Keutamaan Beramal Bulan Puasa

Keutamaan Beramal Bulan Puasa

Sudahkah Sahabat bangsatriamandala Beramal pada bulan ramadhan , , , ,
Dan Tahukah Sahabat bangsatriamandala Keutamaan Beramal pada Bulan Ramadhan . . .

Dalam Kesempatan Kali Ini Bangsatriamadnala akan Menshare Keutamaan Beramal pada bulan ramadhan  , , ,

Diantara Keutamaan Beramal pada bulan Ramadhan Adalah , , ,

Amal itu Dapat Menutup Dosa - Dosa kecil Antara Setelah Ramadhan yang Lewat sampai dengan ramadhan berikutnya , , ,

Amal akan menjadikan bulan ramadhan memintakan syafaa't , , ,

Khusus bagi yang berpuasa akan disediakan pintu khusus yang bernama rayyaan untuk memasuki Jannah , , , :)


Semoga Bermanfaat , , , ,
Baca Selengkapnya

Keutamaan Bulan Puasa / Ramadhan

Jalan - Jalan Sore Waktu Ramadhan
Tahukah Sahabat bangsatriamandala tentang Keutamaan Bulan Puasa / Bulan Ramadhan . . .
Nah Kalo belum tau bangsatriamandala mau share tentang keutamaannya bulan ramadhan / bulan puasa , , ,

Pada Bulan Ramadhan Adalah Bulan Yang Penuh Berkah, Karena Bulan Yang Penuh Berkah ini, maka buat Sobat bangsatriamandala Bersiaplah Mendapatkan Berkah di Bulan Puasa ini , , , :)

Pada Bulan Ramadhan ini Pintu Jannah Akan Terbuka dan Pintu Neraka Akan Ditutup, dari itu buat sobat bangsatriamandala, banyak - banyaklah bertobat karena tobat sahabat bangsatriamandala insya allah akan diterima oleh allah SWT , , ,

Pada Bulan Ramadhan Semua Syetan Di Ikat, Mohon Jangan Salah Pengertian ya Sobat bangsatriamandala :) Syetan yang Di ikan bukan Syetan yang Ada diluaran, tapi syetan yang ada di dalam diri kita , , , :)

Dalam Bulan Puasa ini Ada satu malam Yang Istimewa yang keutamaan beramal di dalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan dibulan lainnya, Malam Apakah itu, Yakni Malam LAILATUL QADR , , , :)

Pada Bulan ini Setiap hari Akan ada malaikat yang Menyeru dan menasehati siapa yang berbuat baik agar bergembira dan yang berbuat ma'shiyar agar menahan diri , , , , :)

Nah itu adalah Beberapa Keutamaan Yang ada pada bulan Suci Ramadahan Yang Bangsatriamandala Ketahui , , , Dan Semoga Bermanfaat Untuk Semuanya , , , , Amin , , , ,

Baca Selengkapnya
Sekedar Tulisan Tangan :)

Sekedar Tulisan Tangan :)

Entah Berapa lama aku tanpa bicara
aku terdiam dalam kebingungan
kebingunganku membuat aku menjadi
seseorang yang seperti tak bernyawa
tak berhasrat dan tak ada gairah

lalu, apakah aku telah mati . .
apakah aku telah meninggalkan dunia fana ini
apakah aku telah terlepas dari semua
masalah yang selalu mengikuti diriku ini . .

Aku coba tuk mengamati sekeliling
ternyata aku masih ada, aku masih harus
menjalani semua ini sekali lagi
haruskah semua ini aku jalani
jujur aku lelah, aku lelah menghadapinya
semua ini terasa berat dan membuatku tak berdaya . .

aku masih dalam kebingungan,
Aku bingung bagaimana aku dapat melewati semua ini , , ,
dengan cara apalagi aku menghadapinya
segala cara, segala rencana, segala usaha
semua telah kucoba untuk menjalaninya , ,
tapi ini semua hanya memperlambat
jalan yang seharusnya telah aku lalui . .
dan semua yang telah aku lakukan tanpa membuahkan hasil yang pasti . . .
Baca Selengkapnya